Wednesday, December 30, 2015

Zaphanza, Jaket Gunung Multifungsi Karya Mahasiswa IPB

Zaphanza, Jaket Gunung Multifungsi Karya Mahasiswa IPB
Zaphanza Merah

Selama ini, bagi sebagian pendaki gunung, mengemas keperluan mendaki gunung menjadi hal yang merepotkan. Tidak jarang terlihat para pendaki terlalu kesulitan dalam menyiapkan dan mengemas perlengkapan pendakian ke dalam tas carrier. 

Belum lagi jika harus membawa tenda dan sleeping bag untuk bermalam, pendaki terkadang merasa kewalahan dan bingung untuk memasukkan tenda ke dalam tas carrier. Selain itu, beban tas menjadi sangat berat karena memuat terlalu banyak kebutuhan pendakian.

Sebuah desain yang inovatif karya mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) mampu mengubah kondisi tersebut menjadi lebih praktis dan efisien. Tim yang terdiri dari Moh. Zahwan Jamaludin, M. Ikhwan Hanif, Venza Rhoma Saputra, Reza Fahmi Hidayat, Panji Laksono, Rico Juni Artanto dan Megawati Simanjuntak ini menggabungkan fungsi penyimpanan perlengkapan, sleeping bag, dan rain coat pada sebuah jaket gunung multifungsi bernama “ZAPHANZA”.

Pendaki tak perlu bingung saat melakukan pengemasan perlengkapan dan perhitungan beban agar dapat ditopang oleh tubuh pendaki. Zaphanza dapat menjadi pilihan praktis dan efisien dalam pendakian.

Invensi ini berhubungan dengan jaket gunung yang memiliki fungsi lebih banyak dibandingkan fungsi jaket gunung pada umumnya. Yakni dengan memanfaatkan setiap sisi jaket sebagai fungsi penyimpanan tanpa mengurangi fungsi utama jaket gunung sebagai pelindung tubuh dair udara dingin. 

Misalnya tenda berkapasitas 2 orang, peluit, senter, kompas plus termometer, peralatan makan, sarung tangan,

Invensi ini dapat berfungsi sebagai sleeping bag dengan konsep penutupan seluruh tubuh tanpa sesak, rain coat dengan bagian celana yang dapat dijulurkan dan merupakan bagian dari jaket. Selain itu, invensi ini disempurnakan dengan adanya scott light stripping. 

Pemantulan cahaya pada desain luar jaket untuk memudahkan pemantauan keberadaan pendaki gunung di kala terlalu jauh terpisah dari kelompok pendakian.

“Zaphanza didesain sangat efektif untuk para pendaki gunung, dikarenakan fungsi jaket yang beranekaragam terkumpul dalam satu produk yang praktis dan efisien untuk pendakian,” ujar Rico.

Zaphanza, Jaket Gunung Multifungsi Karya Mahasiswa IPB
Rangka Tenda Tersimpan di Punggung 
Invensi ini terdiri dari beberapa bagian, yaitu:

a. Bagian dalam jaket yang difungsikan sebagai kantong penyimpanan
tenda.

b. Bagian bawah jaket yang difungsikan sebagai penyimpanan celana rain
coat.

c. Bagian lengan bawah yang difungsikan sebagai penyimpanan sarung
tangan.

d. Bagian lengan atas yang dilengkapi kantong penyimpanan senter
dan kantong penyimpanan kompas plus thermometer.

e. Scott light stripping yang terdapat pada desain utama jaket
untuk memantulkan cahaya pada kondisi gelap / malam.

f. Kupluk full face berventilasi untuk melindungi seluruh bagian kepala
dari gangguan serangga saat tidur tanpa mengganggu sistem pernapasan.

Inovasi ini sudah beberapa kali dimuat di berbagai media baik lokal maupun nasional (baca : metrotv news http://bit.ly/1ZAxl2j dan Liputan6 news http://bit.ly/1UfUeEw). Bahkan, tim pernah diundang Kompasiana di Kompas TV.

No comments:

Post a Comment